Wednesday, April 25, 2012

Testimoni Perkuliahan Paedagogi (Senin, 23 April 2012)

Perkuliahan Paedagogi pada tanggal 23 April merupakan perkuliahan ganti yang dilakukan pada saat libur. Mungkin hal ini merupakan salah satu penyebab terjadinya 'insiden' terjadi pada kelas paedagogi. 'Indisen' itu adalah marahnya Bu Dina terhadap kelas yang terlalu pasif dan tidak merespon apa yang Bu Dina katakan.
Dari awal Bu Dina memasuki kelas, para mahasiswa memang tidak banyak merespon komentar Bu Dina walaupun ia telah berkali-kali menanyakan pendapat kepada mahasiswa. Hingga pada akhirnya Bu Dina memutuskan untuk meninggalkan kelas.
Menurut saya, apa yang dilakukan Bu Dina sangat wajar. Bu Dina telah berkali-kali meminta pendapat dari mahasiswa tetapi tidak mendapatkannya juga. Keputusan Bu Dina untuk meninggalkan kelas merupakan salah satu contoh perlakuan yang menggunakan teori behavioristik. Dimana Menurut teori behavioristik, belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu apabila ia mampu menunjukkan perubahan tingkah laku. Dengan kata lain, belajar merupakan bentuk perubahan yang dialami mahasiswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon.
Faktor yang dianggap penting oleh teori behavioristik adalah faktor penguatan (reinforcement) penguatan adalah apa saja yang dapat memperkuat timbulnya respon. Bila penguatan ditambahkan (positive reinforcement) maka respon akan semakin kuat. Begitu juga bila penguatan dikurangi (negative reinforcement) respon pun akan tetap dikuatkan. Dimana dalam hal ini Bu Dina memberikan negative reinforcement kepada mahasiswa yaitu dengan cara meninggalkan kelas yang membuat para mahasiswa panik.

No comments:

Post a Comment